Memahami Strategi Menjalankan Facebook Ads Terbaru!

Taktik menjalankan kampanye iklan di Facebook dan Instagram, ada 3 strategi yang penting untuk dipahami adalah Targeting, Retargeting dan Prospecting

Masiqball.com - Saat ini terdapat banyak cara marketing salah satu nya melalui media sosial, hampir semua orang menggunakan atau setidaknya punya akun sosial media. Platfrom sosial media ini menyasar semua usia, minat dan gender pasti bermain sosial media bahkan sebagian orang menjadikan sosial media tempat mereka mencari sebuah informasi, entah itu informasi tentang sebuah cafe, produk, makanan dan jasa.

Maka dari itu hal tersebut dapat dijadikan sarana promosi untuk bisnis kita, dalam menjalankan kampanye iklan di platfrom sosial media Facebook dan Instagram kita harus memahami strategi kampanye iklan, agar modal atau budget marketing yang kita keluarkan tidak terbuang sia - sia karena kinerja iklan yang tidak efektif dan berakhir boncos

Taktik menjalankan kampanye iklan di Facebook dan Instagram, ada 3 strategi yang penting untuk dipahami juga di terapkan adalah Targeting, Retargeting dan Prospecting. Ketiga nya memungkinkan anda secara efektif mencapai audience yang relevan dengan bisnis anda, meningkatkan awareness dan menemukan pelanggan baru. Yuk kita jelaskan kan lebih lanjut tentang 3 strategi tersebut

1. Targeting : Mendefinisikan Audience

Langkah awal ini kita seperti seorang pengamat karena targeting yang tertarget harus memiliki minat dan karakteristik yang relevan dengan pelanggan kita. Facebook dan Instagram menawarkan beragam opsi yang bisa kita gunakan untuk menargetkan orang yang kita harapkan, pengaturan iklan seperti demografi (usia, jenis kelamin & lokasi), minat, perilaku dan data pengguna yang terkait dengan aktivitas mereka diplatfrom online.

Misalnya, kamu menjual produk Hijab Trendy, kamu bisa menargetkan wanita dengan usia antara 20 - 25, tinggal di kota - kota besar dan memiliki minat dengan fashion dan kecantikan. Dengan pengamatan yang cermat kamu bisa mendapatkan data Customer Persona yang memiliki karakteristik demografi, minat dan perilaku yang sesuai sehingga iklan yang ditampilkan tertarget kepada orang - orang yang tepat. Walau begitu fase ini butuh waktu untuk meriset dan testing sampai menemukan ramuan yang efektif

2. Retargeting : Mengejar Audience

Setelah melalukan targeting dan menemukan ramuan yang tepat, sekarang saatnya menargetkan audience yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan iklan atau bisnis kamu. Seperti menyapa kembali atau mengejar lagi orang yang memiliki minat dengan bisnis kita, ada 2 cara yang bisa kita gunakan yaitu Custom Audience yang data nya bisa kita ambil dari pengguna yang pernah menonton video iklan kita dan Facebook Pixel dengan menempatkan kode integrasi di website atau landing page kita.

Retargeting ini melacak pengunjung yang mengunjungi halaman dan sempat menambahkan produk ke keranjang belanja namun belum menyelesaikan pembelian, strategi ini juga bertujuan untuk membangun kesadaran merek yang lebih kuat sehingga mengingatkan mereka dengan produk atau layanan yang sebelum nya mereka lihat dan melanjutkan tindakan nya ke konversi.

3. Prospekting : Mencari Audience Baru

Sudah menemukan DNA Audience emas dan mendapatkan konversi yang tinggi, sekarang saatnya melebarkan sayap dan kembali terbang untuk mencari audience baru dengan karakteristik yang mirip dengan audience yang sudah dalam genggaman, dalam iklan Facebook dan Instagram kita bisa menggunakan fitur seperti Looklike Audience atau pengguna serupa untuk menemukan pengguna baru yang memiliki kedekatan minat dan karakteristik dengan audience sebelum nya.

Prospekting memungkinkan kita "ekspansi" untuk mengembangkan bisnis kita lebih luas lagi. Fitur Looklike Audience menargetkan pengguna baru yang memiliki minat, perilaku dan demografi yang serupa dengan memperluas jangkauan iklan kita secara relevan dan potensial untuk dapat menemukan konsumen baru yang memiliki potensi tertarik dengan bisnis atau layanan kita.

Kesimpulan

Penting rasanya dalam menjalankan kampanye iklan Facebook dan Instagram kita harus memiliki rencana dan strategi yang sangat matang agar budget iklan yang kita keluarkan tidak sia - sia, menerapkan 3 strategi diatas secara efektif dapat memberikan hasil yang optimal. Mulailah dengan targeting yang tepat, lalu retargeting memperkuat kesadaran merek dan mendorong ke konversi terakhir manfaatkan data audience yang sudah berinteraksi dengan bisnis digunakan untuk menjangkau audience baru yang berpotensi memiliki ketertarikan.

Terakhir banget jangan lupakan konten, meski strategi sudah di dapatkan konten tetap akan memberikan dampak yang bisa jauh lebih besar. Jadi pastikan konten yang kamu buat memberikan nilai yang menjawab pertanyaan mereka dan kebutuhan akan masalah yang mereka hadapi. Tetaplah fleksibel dan mengikuti tren.


CINETAVISUAL STUDIO
Mau Iklan Digital & Branding Bisnis kamu?
Hubungi kami, Dapatkan KONSULTASI GRATIS sekarang!
Hubungi Sekarang!
Content Creator, Video Editor, UI/UX Designer

Post a Comment

Berkomentar Dengan Sopan Dan Sesuai Isi Artikel Diatas