Editor Video Ujung Tombak Dalam Pembuatan Film

Video Editor Adalah Seorang Yang Bertugas Memberikan Nyawa Atau Feel Pada Video Ataupun Film

Masiqball.com - Editor atau biasa disebut penyunting gambar adalah seseorang yang kerjanya mengedit hasil gambar si kameramen, ketika kamu melihat ada sekelompok orang yang sedang memproduksi sebuah film atau menonton video Behind The Scene dari sebuah produksi kamu melihat seorang kameramen mengambil gambar dari berbagai sudut secara continuity (Berkesinambungan) agar tidak terjadi jumping (tidak berkesinambung).

Nah kemudian setelah proses produksi selesai semua ,dan beralih ke proses pasca produksi. Semua materi hasil produksi akan diserahkan ke meja editing dan disaat inilah seorang editor mulai bekerja menjadi ujung tombak dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan Roughtcut atau membuat sequen dan menata shot per shot hasil syuting sesuai arahan di naskah dan pak sutradara ,namun editor juga berhak memberikan masukan jika dalam naskah cerita tersebut ada beberapa hal yang harus dirubah atau kurang menarik.


Karena seorang editor diibaratkan seperti seorang sutradara sensor ,maksudnya editor bertugas menjadi kritikus ,pengamat kepada sang sutradara produksi dengan tujuan agar karya yang dibuat benar – benar sempurna dan menarik penonton.

Lalu setelah semua itu dilakukan dan berlanjut ke proses assembling yaitu menata adegan per adegan sesuai jalanya cerita yang telah disepakati bersama.

Nah kemudian dalam melakukan proses editing kita sebagai editor, harus mempunyai feeling yang kuat dalam mengedit gunakan perasaan (kepekaan) jangan asal potong-potong video! tapi buat seolah olah kita sedang bercerita kepada penonton tentang film/video yang kita edit ,sehingga penonton merasakan emosi baik itu senang,menangis,tercekam,bersemangat/bangga dari hasil editing kita.


Itu baru yang disebut Video Editor Sesungguhnya ,menjadikan video/film tersebut benar benar Hidup (Nyata) tidak terlihat kalo itu hasil editing dan membuat penonton terpengaruh emosinya..

Oke Sekian dulu terima kasih sudah membacanya tunggu update artikel kami tentang dunia film yang lebih mendalam.

Post a Comment

Berkomentar Dengan Sopan Dan Sesuai Isi Artikel Diatas